Tak Sediakan Parkir, Pengembang Properti Patut Diberi Insentif

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah dinilai perlu memberikan insentif tersendiri kepada para pengembang yang membangun gedung perkantoran tanpa lahan parkir di Jakarta.

Demikian diutarakan oleh Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta Steve J Manahampi usai konferensi pers Pameran MEGABUILD Indonesia 2016 di Jakarta, Selasa (1/3/2016).

“Harusnya developer yang berani untuk tidak sediakan lahan parkir harus diberi insentif, karena dengan begitu dapat mendorong orang tidak pakai mobil, bisa jadi upaya mengatasi masalah kemacetan di Jakarta,” kata Steve.

Dia menjelaskan, hal itu berkaitan dengan kebijakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dianggapnya aneh. Pasalnya, di satu sisi pemerintah ingin mengatasi permasalahan macet, namun di sisi yang lain pemerintah melalui regulasi malah mendorong agar pengembang atau pengelola gedung membangun lahan parkir.

“Yang buat regulasi itu mungkin dulu tidak ingin kendaraan parkir di jalan maka dibuatlah regulasi yang mengharuskan gedung menyediakan lahan parkir,” tuturnya.

Dia menggambarkan, saat ini pemerintah provinsi memberikan koefisien lantai bangunan (KLB) sebesar 20 persen kapasitas parkir dari kebutuhan. Artinya, jika ada bangunan yang ingin menambah lantai, diwajibkan juga menambah lahan parkir sebanyak 20 persen dari kapasitas yang ada.

“Bayangkan hari ini kalau misalkan Pak Ahok memberikan KLB yang begitu besar kepada banyak bangunan, bayangkan kalau mengacu kepada aturan itu berapa juta lahan parkir yang harus disediakan bangunan itu?,” jelas dia.

Untuk diketahui, kewajiban menyediakan atau menambah lahan parkir tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2030.

“Kita berusaha mengingatkan, disatu sisi pemerintah punya kebijakan untuk membatasi penggunaan mobil dengan adanya 3 in 1, terus bikin MRT, inikan aneh, tapi disisi lain mendorong pengembang bangun lahan parkir sebanyak-banyaknya,” tegasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me