Kebutuhan 800 Tower Hunian Bisa Dipenuhi 5 Tahun

Big Banner

JAKARTA – Indonesia membutuhkan sekira 800 tower jika harus memenuhi program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah. Pasalnya, ketersediaan lahan yang semakin sedikit tidak memungkinkan untuk membangun rumah tapak seluruhnya.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta Steve J Manahampi menilai, program tersebut akan terhambat karena ketersediaan lahan yang semakin sedikit jika harus mengembangkan rumah tapak atau landed house.

“Katakanlah rumah tapak tipe 30 meter persegi, artinya diperlukan lahan seluas 30 juta meter persegi, ini lahannya dimana?” ujar Steve di Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Untuk itu, dari hasil risetnya, dia mengatakan salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah membangun hunian vertikal atau rumah susun, hal tersebut menjadi mustahil dapat selesai dalam waktu 5 tahun.

“Jika harus membangun rumah susun, jika tipenya 900 meter persegi dengan tinggi 15 lantai, jadi kira-kira tiap towernya membutuhkan 24 ribu meter persegi, kalau harus memenuhi 30 juta meter persegi untuk program sejuta rumah, itu artinya kita butuh 800 tower, dan ini tidak mungkin selesai dalam waktu lima tahun,” paparnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me