Pemprov DKI Jakarta Diminta Perhatikan Kualitas RTH

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta didesak untuk memperhatikan kualitas dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di ibu kota.

Menurut Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta Steve J. Manahampi, saat ini pemerintah hanya melihat RTH secara kuantitas, bukan dilihat dari kualitas.

“Misalnya ada lahan 4 ribu hektare, sedangkan diwajibkan KDH (koefisien daerah hijau) 20 persen, berarti sekira 800 meter, apakah saat ini 800 meter itu sepenuhnya hijau? Kan tidak, paling hanya kotak seukuran 1 meter kali 80 cm, ditanam pohon saja tidak bisa,” ujar Steve, di Jakarta, Selasa (1/3/3016).

Untuk meningkatkan kualitas dan value dari RTH, lanjut Steve, pemerintah perlu mengubah regulasi. Misalnya, Steve menggambarkan, pemerintah membuat regulasi yang dapat memungkinkan untuk KDH dari para pengembang terkumpul menjadi satu area.

“Coba bayangkan misalnya pemerintah mengumpulkan tiap 20 persen RTH dari KDH pengembang untuk dijadikan sebuah taman. Luar biasa kalau KDH itu bisa dikumpulkan,” jelasnya.

Steve menegaskan, usaha untuk menciptakan RTH tidak akan terwujud jika pemerintah tidak mengubah regulasi yang ada sebelumnya. Kewajiban RTH sebesar 30 persen pun diharapkan dapat diwujudkan menjadi benar-benar RTH, yang dikelola oleh pemerintah.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me