Pemprov Sumut Diminta Segera Bangun Rumah Susun

Big Banner

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diminta segera membangun rumah susun, baik untuk mengurangi tingkat kepadatan perumahan maupun solusi penampungan bagi warga yang mungkin mengalami penggusuran.

Sekretaris Komisi D DPRD Sumut HM Nezar Djoeli di Medan, Selasa, mengatakan, Pemprov Sumut, termasuk Pemkot Medan harus mencermati berbagai proyek pembangunan infrastruktur yang digulir Presiden Joko Widodo.

Salah satu program besar itu adalah pembangunan jalur kereta api, termasuk rencana mengaktifkan kembali rel yang lama tidak berfungsi. Pada kenyataannya, cukup banyak warga yang berpotensi mengalami penggusuran karena bertempat tinggal di pinggiran jalur rel yang akan dikembangkan.

Tidak sedikit pula warga yang telah membangun rumah di atas jalur rel tua yang tidak tertutup kemungkinan akan digunakan kembali terkait rencana pengembangan jalur kereta api yang dicanangkan pemerintah pusat.

Jika berbagai program pengembangan potensi perkeretaapian itu dijalankan di Sumut, akan cukup banyak warga yang berpeluang mengalami penggusuran. Untuk itu, Pemprov Sumut dan Pemkot Medan diharapkan dapat mencermati kondisi itu dengan menyiapkan rumah susun yang dapat menampung warga yang tidak lagi memiliki tempat tinggal.

Sebenarnya, upaya pembangunan rumah susun tersebut tidak terlalu sulit karena merupakan program pemerintah pusat yang telah menyiapkan dana melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat yang mencanangkan pembangunan satu juta unit rumah.

Di Sumut, program pembangunan rumah tersebut direncanakan sebanyak 50 ribu unit di sejumlah kabupaten/kota, tetapi baru terealisasi 18 ribu unit.

Pemprov Sumut dan Pemkot Medan dapat merealisasikan program pemerintah pusat tersebut melalui pembangunan rumah susun melalui dana yang disiapkan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat.

“Banyak dana dari pusat untuk pembangunan rumah susun, tetapi tidak terjemput oleh Pemprov Sumut atau Pemkot Medan,” katanya, Selasa (1/3/2016).

Setelah memanfaatkan dana dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, politisi Partai Nasdem itu menilai pembangunan rumah susun tersebut dapat dilakukan di sejumlah lahan yang menjadi aset Pemprov Sumut.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me