Banyak Pemda Salah Tafsir Program Sejuta Rumah

Big Banner

JAKARTA – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk aktif dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah.

Pasalnya, hingga saat ini masih banyak Pemda salah menafsirkan bahwa Program Sejuta Rumah merupakan program bagi-bagi rumah dari Pemerintah Pusat (Pempus) kepada masyarakat dan Pemda di daerah.

“Pemda sangat berperan dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah ini. Perlu saya tekankan sekali lagi bahwa Program Sejuta Rumah bukan berarti pemerintah pusat membangun rumah di daerah dan membagi-bagikannya kepada masyarakat tapi bagaimana mendorong penyediaan perumahan yang layak huni di daerah,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, dalam Focus Group Discussion Review Kebijakan Pembiayaan Perumahan Dalam Percepatan Program Sejuta Rumah, di Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Menurut Syarif, pemda memiliki peran penting dalam menangani masalah perumahan. Untuk itu, dia mendorong agar Pemda dapat mempermudah perizinan pembangunan rumah bersubsidi.

“Dan kami pun berusaha untuk menekan harga jual rumah bersubsidi dengan memberikan bantuan PSU kepada pengembang,” katanya.

Dia juga mengatakan, ke depannya sosialisasi program dan kebijakan terkait Program Sejuta Rumah akan terus dioptimalkan. Sehingga ada visi dan misi yang sama antar pemangku kepentingan di bidang perumahan untuk menjalankan program ini.

“Mungkin selama ini masih ada informasi terkait Program Sejuta Rumah yang belum diterima dengan baik oleh para kepala daerah,” ujarnya.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me