Pengusaha Mebel dan Kerajinan Siap Kejar Ekspor hingga USD5 M

Big Banner

JAKARTA – Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menggaet pasar ekspor hingga USD5 miliar dalam kurun waktu lima tahun.

Untuk merealisasikan angka tersebut, Ketua Umum Asmindo M Taufik Gani menuturkan pihaknya sudah memiliki roadmap guna mendorong tingkat ekspor Indonesia. Bahkan dia mengaku pihaknya sudah menyampaikan roadmap tersebut kepada pemerintah.

“Tentunya Asmindo sudah membuat rangkaian semacam roadmap, kita sering sampaikan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan. Bahkan kita sudah ketemu Pak Jokowi sendiri, kita sudah sampaikan,” ujarnya Taufik dalam Media Interview Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia 2016, di Jakarta Convention Centre (JCC), Sabtu (12/3/2016).

Taufik menuturkan ada beberapa hal yang Asmindo ajukan pada pemerintah guna mendukung pencapaian angka tersebut. Di antaranya adalah masalah kesediaan bahan baku dan infrastruktur daerah. Menurutnya, saat ini pemerintah sudah cukup mendukung percepatan kesediaan bahan baku yakni dengan menggagas tol laut yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

“Gunanya kalau kirim kayu dari Irian itu cepat, harga tidak mahal. Kesulitan bahan baku harus kita atasi, infrastruktur harus kita atasi, ini sudah sambil jalan mulai merangkak, sudah banyak jalan-jalan yang mulai baik,” jelasnya.

Lanjutnya, permasalahan penyederhanaan regulasi juga menjadi bagian yang harus diperbaiki guna mendorong ekspor mebel Indonesia.

“Harus kita sederhanakan, jadi tidak rumit, di pusat gampang, tapi kalau masuk daerah sulit bukannya main,” ujarnya.

Selain itu, masih kata Taufik, juga diperlukannya peremajaan mesin-mesin industri Indonesia serta design furniture yang harus berdasarkan dengan research and development (R and D).

“Temen sekarang design-design-nya bagus, tapi kurang melihat tren negara tujuan kalau ada R and D jadi tahu tren design ke negara mana, jadi design-nya tepat,” jelasnya.

Sekadar informasi, pada 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pencapaian ekspor mebel Indonesia hanya mencapai USD2,6 miliar.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me