Kota Tua Indonesia Hadapi Banyak Permasalahan

Big Banner

JAKARTA – Indonesia memiliki banyak kawasan tempat berdirinya bangunan sepeninggalan sejarah, atau yang juga disebut dengan kota tua. Akan tetapi, masih memiliki banyak permasalahan.

“Indonesia punya banyak sekali masalah di kota-kota tua,” ujar Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara di Gedung OLVEH, Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Menurut dia, masalah tersebut disebutnya sebagai ‘a nice problem‘ lantaran tidak akan terselesaikan, meski sekalipun dibutuhkan pihak yang berparadigma terbuka dan cerdas.

Sebab, bangunan di kawasan tua sering kali dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang lebih mementingkan keuntungan ketimbang mempertahankan sejarah.

“Masalahnya saya sebut sebagai a nice problem. Sehingga mau tidak mau dibuat menguntungkan sekalipun dibutuhkan orang yang paradigma terbuka dan cerdas,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah pemerintah maupun pihak swasta yang cepat, mengingat Indonesia memiliki harta warisan sejarah yang cukup luar biasa besar.

Terlebih lagi, kawasan kota tua di Indonesia hingga saat ini pun merupakan harta yang belum cukup baik dibangun ataupun dikelola.

“Kita punya harta luar biasa. Kota tua Jakarta itu artifak arsitektur terbesar, minimum di Asia Tenggara,” pungkas dia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me