Seperti Apa Furnitur Kayu Jati Berkualitas Tinggi?

Big Banner

Siapa tak tahu keunggulan kayu jati? Terkenal tahan awet dan berdaya tahan tinggi terhadap serangan serangga. Harganya? Sangat mahal. Saking mahalnya, ia pun dijuluki si emas hijau.

Harga mahal juga memancing oknum tak bertanggung jawab mengedarkan jati tiruan. Berikut beberapa tips mengenali kayu jati asli berkualitas tinggi.

Baca juga: Jangan Asal Pakai Pemanas Air!

Ciri-ciri utama kayu jati yang berusia tua antara lain tekstur seratnya terlihat padat. Bobot kayu juga lebih berat dan keras, serta berwarna cokelat tua kemerah-merahan secara merata.

Perhatikan cocoh/trocoh dari kayu incaran kamu. Cocoh adalah sebutan untuk lubang berukuran kecil yang terdapat pada kayu jati.

Cocoh menyebabkan struktur kayu jati tidak begitu kokoh. Kayu lebih rapuh, dan kurang awet. Jadi, pilihlah furnitur jati yang mulus tanpa cocoh sedikitpun pada permukaannya.

Baca juga: Kayu Kelapa, Pas untuk Decking

Untuk mengetahui seberapa kuat konstruksi sebuah furnitur, coba saja duduki. Pada umumnya, furnitur yang tampak simetris bisa dengan mudah diketahui tingkat kekuatan strukturnya.

Furnitur ber-finishing bagus ditandai dengan warna merata, pelapisan yang cukup tebal, dan semua pori-pori kayu tertutupi finishing dengan baik.

Sementara itu, jika diraba, furnitur berfinishing bagus memiliki tekstur halus, alias tidak bergelombang. Nah, sudah paham bukan? (Vri)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me