Ingin Memilih Rumah Untuk Keluarga? Ini Tipsnya

Big Banner

SolusiProperti.com – Lingkungan yang padat penduduk membuat sebagian orang kini enggan mencari unit rumah di pusat kota. Polusi udara, kemacetan lalu lintas sampai dengan kualitas air menjadi salah satu penyebab di setiap kota besar. Perubahan tata kota dan demografi di kota besar membuat harga tanahnya perlahan melambung tinggi.

Terlebih bagi keluarga muda yang tengah membesarkan buah hatinya, tentunya lingkungan rumah yang ideal tidak hanya sebatas pada lokasi strategis. Lalu, apa saja ya kriteria menemukan rumah untuk keluarga? Dikutip dari realestate.com.au, berikut ini ada lima hal penting yang patut untuk diperhitungkan.

1.Lokasi

Ya, meski tidak berada di tengah kota, Anda tetap harus memperhitungkan lokasi yang ideal untuk bertempat tinggal. Lokasi bagus ini tentu memiliki arti yang berbeda beda pada setiap keluarga.

Secara umum lokasi bagus memiliki artian jaraknya dekat menjangkau beberapa tempat penting seperti fasilitas umum, lokasi aktivitas dan infrastruktur. Kelengkapan fasilitas tidak hanya mempermudah mobilitas sehari-hari namun juga meningkatkan nilai jual properti di kemudian hari.

2.Terjangkau

Ketika kebanyakan orang bermimpi memiliki rumah keluarga yang luas dan mewah, Anda tidak harus memaksakan hal tersebut jika bujet tidak mencukupi. Mungkin saja pembiayaan rumah bisa dibantu dengan kredit pemilikan rumah atau disingkat KPR.

Namun jika Anda tidak nyaman melakukan cicilan dalam jangka waktu dan jumlah yang besar, ada baiknya untuk memilih rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan. Tren hunian mungil juga tengah digandrungi di kota-kota besar di seluruh dunia, seiring dengan harga rumah yang semakin sulit dijangkau.

3.Dekat Sekolah dan PAUD

Tinggal bersama keluarga, tentu Anda menginginkan hunian yang memiliki akses mudah menuju childcare dan sekolah. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan mengantar jemput buah hati. Anda juga bisa memilih sekolah unggulan yang ada di sekitar hunian.

Pastikan mereka merasa nyaman dengan lingkungan belajarnya. Selain itu, rumah yang dekat menjangkau sekolah biasanya memiliki harga jual kembali yang cukup menguntungkan. Beberapa ahli berpendapat pertambahan nilainya bisa mencapai 5 persen dari harga jual, atau 10 persen untuk harga sewa.

4.Pusat Aktivitas

Lokasi yang dekat dengan pertokoan, perpustakaan, klinik dan rumah sakit juga tidak kalah penting untuk “memanjakan” keluarga kecil Anda. Lebih baik lagi jika sejumlah fasilitas tersebut bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda. Dengan begitu anak-anak bisa mencapai sekolah dengan mudah sehat dan murah.

5.Lingkungan yang Aman

Area tempat tinggal yang tingkat kriminalitasnya rendah tentu lebih disukai untuk keluarga yang ingin mencari rumah. Dengan begitu orangtua bisa bebas mengajak si kecil untuk berjalan jalan di sekitar perumahan. Jika tidak memungkinkan, setidaknya area kluster didesain aman sehingga anak-anak bisa berlarian dan bermain bersama teman-temannya.

Akses orangtua menuju tempat bekerja juga bisa perlu diperhitungkan, karena itu merupakan hal yang terpenting dalam pertimbangan. (ebb)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me