4 Bank BUMN Luncurkan e-Toll Card

Big Banner

PT Jasa Marga bersama empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BTN, Mandiri, BNI, dan BRI yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) telah melaksanakan launching electronic payment toll. Keempat bank tersebut berkomitmen akan menggunakan satu kartu untuk pembayaran elektronik jalan tol (e-Toll Card).

Peluncuran ini dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama BTN Maryono, Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman, dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

“Jalan tol itu jalan cepat tapi karena transaksinya lama, kalau pakai kartu 3 detik, kalau tunai 8 detik, kalau semua pakai kartu bisa lebih cepat 3 kali lipat,” ujar Menteri BUMN Rini Soemarno seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

BACA JUGA : MENGENAL KONSEP BUILDING INFORMATION MODELING

Tahap awal penggunaan e-toll dapat digunakan di ruas jalan tol JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), ruas tol BORR (Bogor Outer Ring Road), ruas tol Jakarta-Tangerang, dan ruas tol Ulujami-Pondok Aren. Selain itu ada 14 ruas tol lainnya yang akan diimplementasikan bertahap.

Setiap bank BUMN memiliki e-Toll Card yang berbeda. Untuk bank BTN mengeluarkan kartu BTN Blink, bank BRI dengan nama BRIZZI, bank BNI dengan nama BNI Tapcash, dan bank Mandiri yang sudah terlebih dahulu menerbitkan e-Toll menamai kartu prabayarnya dengan nama e-money.

Menteri Rini Soemarno mengatakan akan mengajak PT Pertamina (Persero) untuk bersinergi dalam pengembangan e-Toll terkait dengan pengisian ulang saldo.

Jasa Marga menargetkan pada akhir 2016, jumlah GTO akan mencapai 507 gardu atau 50 persen dari keseluruhan gardu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah penetrasi pembayaran elektronik di seluruh ruas jalan tol yang ada.

rumahku.com