Pembangunan Rusun Untuk Atasi Kawasan Kumuh

Big Banner

Pekalongan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRD) Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), Nurkholis, mengusulkan pemerintah daerah (Pemda) membangun rumah susun untuk mengatasi masalah kekumuhan tempat tinggal di kawasan banjir rob.

Nurkholis mengatakan, pembangunan rusun diperkirakan akan menyelesaikan permasalahan kekumuhan di daerah pesisir pantai setempat karena tergenang rob.

“Terjangan rob yang melanda sejumlah desa di kawasan pesisir seperti Desa Jeruksari, Mulyorejo, dan Karangjompo akan menyebabkan beberapa titik tampak kumuh,” katanya di Pekalongan, Sabtu (26/3).

Selain itu, kata dia, sejumlah desa yang berada di pesisir pantai atau kawasan rob juga sudah masuk dalam zona merah peta kemiskinan sehingga pembangunan rusun sudah cukup mendesak dibutuhkan warga.

“Selama ini hasil jerih payah warga di kawasan pesisir hanya dihabiskan untuk biaya meninggikan rumah agar tidak bisa kemasukan air rob. Masyarakat juga tidak bisa memprediksikan sampai berapa tingginya air rob menerjang daerahnya,” katanya.

Nurkholis mengatakan, meski tergenang rob masyarakat pesisir tetap tidak mau pindah rumah karena mereka sudah terikat secara sosial.

“Oleh karena, solusi yang cukup tepat untuk menata kawasan itu adalah dengan membangun rumah susun. Usulan yang menurut saya paling pas adalah membuat rusun di titik-titik yang sering tergenang rob,” katanya.

Adapun mengenai program pembangunan dari pemerintah seperti peninggian jalan, pembuatan tanggul untuk mengatasi dampak buruk rob, kata dia, mmsih belum cukup.

“Oleh karena, pemda harus mengambil langkah strategis untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat di pesisir,” katanya.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me