Investasi Kondotel

Jakarta,SolusiProperti.com-Kondotel alias kondominium hotel merupakan salah satu hunian vertikal yang tengah marak pembangunannya di kota-kota besar. Properti jenis ini dibangun layaknya kondominium.

Satu unit kondotel biasanya telah dilengkapi dengan dapur, kamar dan toilet. Pilihan luasan dan tipe unitnya beragam, mulai dari tipe studio hingga tipe dengan beberapa kamar dalam satu unit. Bedanya dengan kondominium, pembeli kondotel biasanya menjadikannya sebagai instrumen investasi dan bukan untuk dijadikan tempat tinggal.
 
Saat berada di kondotel, Anda akan menemukan operator hotel yang ditunjuk mengelolanya layaknya hotel. Unit-unit yang dibeli dan dimiliki oleh perorangan ini disewakan secara harian kepada konsumen dengan servis dan layanan sama halnya dengan hotel berbintang.
 
Pembeli kondotel akan mendapat keuntungan dari bagi hasil operasional hotel. Besarnya bervariasi antara empat hingga delapan persen per tahun dari harga beli unitnya. Meski disewakan, pemilik unit kondotel bisa menginap secara gratis dan menikmati fasilitas yang ada dalam batasan tertentu. Biasanya lama free stay yang diberikan adalah 10 – 30 hari dalam setahun.
 
Enaknya lagi, pemilik kondotel tak dibebani lagi dengan keharusan membayar biaya servis. Tak seperti pemilik kondominium yang harus rutin membayar biaya servis dengan besaran yang tergantung pada luas unit dan kelas kondominiumnya. Bahkan, beberapa operator kondotel juga membebaskan pemilik unit dari kewajiban membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).  (YN)

solusiproperti.com