Cara Mudah Benahi Rumah Tanpa Pembantu

Sibuk dengan aktivitas di kantor setiap hari, kerap membuat kita tak sempat membersihkan rumah. Itu sebabnya, jasa asisten rumah tangga atau pembantu sangat penting.

Hanya saja, ada kalanya pembantu pulang kampung atau sakit sehingga tidak bisa membantu kita. Nah, bagaimana cara ’’beberes’’ rumah tanpa pembantu? Berikut beberapa tips untuk memudahkannya seperti dikutip dari Kompas.

Letakkan baju di tempatnyaKetika mengganti pakaian, seringkali kamu melemparkannya ke kursi, atau bahkan ke lantai. Tinggalkan kebiasaan ini. Karena, tidak perlu waktu lama untuk menaruh pakaian tersebut kembali ke lemari atau meletakkannya di keranjang baju khusus laundry.

Jangan biarkan barang berserakanSama halnya dengan pakaian, kamu harus menempatkan barang-barang di tempatnya. Misalnya pada buku, kaset, CD, seluruhnya memiliki tempat masing-masing. Segera setelah digunakan, kembalikan mereka langung ke raknya.

Baca juga: Tips Desain Dapur bagi Rumah Sempit

Kurangi barang-barang tidak perluApa yang akan kamu lakukan dengan berpuluh-puluh set toples atau panci? Jika tidak membutuhkannya, jangan tergoda untuk terus membelinya. Selain menghemat tempat, kamu juga tidak perlu kesulitan membersihkannya secara rutin ketika tidak digunakan.

Batasi penggunaan kertasMengurangi penggunaan kertas, membuat kamu tidak perlu membersihkan sisa-sisa yang tidak terpakai. Kamu dapat membuat satu folder di dalam komputer untuk menyimpan dokumen penting.

Hindari dekorasi kasur yang berlebihanMemang menyenangkan memiliki kasur yang penuh dengan bantal dan selimut sebagai dekorasi. Tetapi, buatlah seminimal mungkin. Semakin sedikit barang di atas tempat tidur, semakin sedikit upaya Anda untuk membereskannya saat bangun tidur.

Baca juga: Jangan Asal Pasang Pendant Light

Bersihkan alat makan segeraFaktanya, peralatan makan tidak sulit untuk dibersihkan. Jika kamu meninggalkan dan membuatnya menumpuk sampai berhari-hari, tentu rumah akan terlihat kotor bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap. Lebih baik menghabiskan waktu beberapa menit untuk mencuci tiga sampai lima piring kotor daripada mencuci 15 piring saat akhir minggu.

Sapu atau vakum lantai secara rutinBeberapa menit untuk menyapu atau mem-vakum setidaknya dua sampai tiga kali seminggu, dapat mengurangi tenaga dalam membersihkan rumah secara menyeluruh saat akhir minggu. Kamu tentu ingin beristirahat saat libur, bukan?

rumah123.com