PPh Final & BPHTB Berlaku, Darmin: Kita Lebih Kompetitif

Big Banner

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan, bila pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) final diberlakukan bersamaan dengan wacana penghapusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), maka Real Estate Investment Trust (REIT’s) atau yang dikenal dengan Dana Investasi Real Estat (DIRE) di Indonesia pun tak akan kalah bersaing dengan negara-negara tetangga lainnya.

“Setelah keduanya digabung, PPh final setengah persen dan BPHTB, kita sudah lebih kompetitif dengan dibandingkan negara tetangga kita. Tidak perlu saya sebutkan negara-negara tetangga mana lagi,” ujarnya di Kompleks Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Sebab, lanjut Darmin, sepanjang tahun lalu DIRE Indonesia tidak terlalu begitu kompetitif bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperi Singapura. Terlebih lagi, banyak pengembang (developer) yang lebih memilih menerbitkan DIRE di Singapura.

“REIT’s tahun lalu belum kompetitif,” imbuh dia.

Sekadar informasi, pemerintah telah mengeluarkan Paket Kebijakan XI. Salah satu poinnya pun tertuang agar mampu menstimulus kebangkitan sektor industri properti di Indonesia. Dalam Paket Kebijakan XI ini, PPh final atas pengalihan tanah atau properti dalam sektor real estat dalam bentuk skema Kontrak Investasi Kolektif (KIK), tarifnya resmi dipangkas dari 5 persen menjadi 0,5 persen.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me