Besaran BPHTB untuk REITs Tunggu Keputusan Perda

Big Banner

JAKARTA – Paket Kebijakan XI hari ini resmi diluncurkan, salah satu poinnya untuk menstimulus kebangkitan sektor industri properti di Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, meski Pajak Penghasilan (PPh) sudah diturunkan menjadi 0,5 persen dari sebelumnya 5 persen, namun besaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) belum diputuskan.

Dirinya mengakui, terkait BPHTB saat ini pemerintah pusat sudah berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) yang nantinya aturan mengenai BPHTB ini akan dibutuhkan Peraturan Daerah (Perda).

“BPHTB kita sudah ada komitmen dari Pemda. Akan tetapi perlu Perda,” ujarnya di Kompleks Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Bila Perda mengenai BPHTB tersebut telah terbit, lanjut Darmin, pihaknya akan segera menyampaikan berapa besaran BPHTB yang baru.

“Pada saat Perda-nya keluar, baru kita akan umumkan persisnya berapa. Jadi sekarang belum bisa diumumkan,” terang dia.

Sebelumnya, pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) dalam Dana Investasi Real Estate (DIRE) menjadi 0,5 persen. Tak hanya itu, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan (BPHTB) juga akan diturunkan menjadi 1 persen.

“Kita ada targetnya seperti apa BPHTB finalnya itu akan bergerak pada kira-kira setengah persen, kemudian untuk BPHTB untuk DIRE kita akan tawarkan angka 1 persen, sehingga totalnya satu setengah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me