Pemkab Kulon Progo Bedah 3.050 Rumah MBR

Big Banner

Kulon Progo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membedah rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 3.050 unit selama tiga tahun terakhir.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, mengatakan, dari 3.050 unit itu, 700 unit rumah tidak menggunakan anggaran dari pemerintah, tetapi menggunakan dana dari pihak donatur.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu, sehingga harapannya penanggulangan kemiskinan dan upaya memberikan tempat tinggal yang sehat dapat terwujud,” kata Hasto disela-sela bedah rumah di Kecamatan Kokap, Minggu (3/4).

Bedah rumah kali ini berada di puncak Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Plampang 3, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap. Bupati bersama rombongan langsung menuju rumah mbah Ponikem yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Selama ini, Ponikem tinggal di rumah yang terbuat dari bambu dengan ukuran dua kali tiga meter persegi. Dinding yang terbuat dari bambu pun sudah banyak yang berlubang dan atap rumah ada yang bocor.

Hasto bersama rombongan tim bedah rumah menyempatkan masuk ke rumah dan menemui Ponikem yang sedang terbaring karena sakit. Hasto sempat berdialog dengan Ponikem dan mendoakan supaya beliau cepat sembuh dan sehat kembali. Rumah baru hasil dari bedah rumah yang berada di depan rumah lama sudah 90 persen jadi dan siap untuk ditempati Ponikem.

Kepala Desa Kalirejo Lono mengatakan keberhasilan bedah rumah ini berkat bantuan dari donator dan semangat serta kesigapan dari LKS Baitunajah yang sudah terbentuk di desa tersebut. “Saat ini masih ada 27 warga Desa Kalirejo yang butuh bantuan bedah rumah,” kata Lono.

Ia juga menyampaikan bahwa di desanya angka kemiskinan sudah turun dari semula sebanyak 53 persen, kini sudah menjadi 49,79 persen.

Pada kesempatan bedah rumah ini, diserahkan bantuan dari CV Bangun Baja Perkasa sebesar Rp10 juta untuk keperluan pembangunan rumah, perabot dan kebutuhan Ponikem lainnya, di samping bantuan dari donator lainnya yang tidak disebutkan jumlahnya.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me