Rumah Pendek pun Perlu Penangkal Petir

Big Banner

Siapa bilang hanya bangunan tinggi yang perlu lightning protector atau penangkal petir? Jika rumahmu berada di kawasan dengan curah hujan tinggi dan sering terjadi petir, keberadaan lighting protector jelas dibutuhkan. Bahkan, untuk rumah pendek sekalipun.

Petir merupakan proses pelepasan listrik yang tercipta dari gesekan antar-awan. Karenanya, petir selalu didahului cahaya kilat. Energi itu dilepaskan saat udara antar-awan dan bumi bersifat konduktor (menghantarkan listrik) seperti waktu hujan.

Baca juga: Perhatikan Instalasi Listrik di Rumahmu

Di sekitar Jakarta, kota Bogor yang merupakan daerah dengan curah hujan tinggi sering terjadi petir. Tapi, petir tetap bisa menyambar kendati sifat udara kurang konduktor, karena muatan listrik di awan sudah terlalu besar

Nah, supaya rumah tetap aman meski frekuensi petir sedang tinggi, sebaiknya kamu lengkapi dengan lightning protector. Sifat petir adalah menyambar semua obyek yang memiliki medan listrik seperti manusia, pohon, dan bangunan yang berada di ketinggian.

Yang paling potensial tersambar petir adalah obyek dengan streamer atau sifat konduktor paling kuat. Jadi, benda di posisi lebih rendah pun bisa tersambar bila medan listriknya saat itu lebih kuat dibanding obyek lain di sekitarnya.

Baca juga: Garam Bisa Hilangkan Noda di Karpet, Lho!

Karena itu, banyak orang memasang lightning protector pada bangunan tinggi, juga rumah tinggal bertingkat sebagai penetralisir petir. Kendati demikian, tak ada salahnya rumah pendek pun dilengkapi alat yang sama.

Bentuk alat ini biasanya berupa panel logam solid bulat dengan ujung lancip. Panel dipasang di puncak atap disambung kabel tembaga yang direntang dan ditancapkan hingga ke dalam tanah (grounding) untuk mengalirkan arus listrik.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me