Jangan Sepelekan, Cek Instalasi Listrik di Rumah Anda

Big Banner

JAKARTA – Saat ini listrik tidak dapat dipisahkan dari segala aktivitas di rumah. Banyak kegiatan yang akan terhenti tanpa adanya listrik.

Sebegitu penting perannya, namun Anda mungkin belum banyak tahu printilan listrik. Sebagai pengguna listrik, Anda mungkin masih awam pada hal-hal yang semestinya Anda perhatikan.

Sebelum memasang instalasi listrik di rumah Anda, sebaiknya simak beberapa informasi berikut, seperti yang dilansir rumah123.com, Minggu (3/4/2016).

Jarak ideal titik stop kontak dari lantai adalah antara 1-2 meter. Pastikan Anda tidak memberi beban berlebih pada stop kontak. Idealnya satu stop kontak hanya dapat dicabang dengan satu hingga empat T-steker.

Kabel listrik berpenghantar tembaga dan berisolasi PVC yang terpasang secara permanen di dalam rumah harus dengan ukuran minimal 2,5 milimeter persegi. Berapa pun jumlah daya listrik yang terpasang, hanya boleh dialiri listrik maksimal 10 A.

Biasanya grounding dalam rumah Anda terpasang dengan dua macam, yaitu untuk instalasi listrik rumah dan instalasi penangkal petir. Dua sistem grounding ini memang harus dipisahkan pemasangannya dan berjarak paling tidak 10 meter.

Lakukan pengecekan instalasi listrik secara periodik dengan menggunakan jasa petugas atau biro terpercaya. Jika di kemudian hari terdapat permasalahan instalasi, Anda dapat menghubungi mereka kembali.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me