Yuk, Buat Kolam Renang di Rumah!

Big Banner

Berenang bisa jadi aktivitas yang sehat, segar, sekaligus menyenangkan. Terlebih jika kita memiliki sendiri kolam renang di rumah, sehingga kita dapat berenang kapan saja.

Jika kamu punya lahan nganggur yang lumayan luas di pekarangan belakang rumahmu, kenapa tak membuat kolam renang saja.

Untuk menggali lubangnya, kamu dapat menyewa orang. Dengan mesin, menggali lubang akan memakan waktu selama satu hingga dua hari saja.

Baca juga: Trik Bangun Gazebo di Halaman Sempit

Setelah itu, kamu dapat membuat konstruksi kolam. Pastikan konstruksi kolammu cukup tangguh untuk menahan gempa bumi.

Gunakan pelat baja untuk membuat kerangka dinding dan lantai. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah karena melibatkan baja berat. Kamu dapat menyewa tukang atau meminta bantuan teman.

Ketika baja telah terpasang, kamu dapat menggunakan beton sebagai lantai kolam. Pastikan pula berapa banyak semen yang harus digunakan.

Ketika lantai sudah solid, perhatikanlah pula dinding kolam. Kamu harus memastikan dinding memiliki pelapis yang kuat agar tak mudah runtuh.

Tuangkan beton beberapa lapis untuk membentuk dinding. Kamu dapat menggunakan vibrator semen untuk menghilangkan udara yang menempel di antara lapisan beton.

Baca juga: Eh! Ada Taman Jepang di Halaman Rumah

Jika struktur sudah selesai, barulah kamu dapat mengaplikasikan lapisan tahan air pada dinding dan lantai. Pastikan kamu memilih produk yang benar. Setelah itu barulah pasang keramik.

Perhatikan pula batas kolam renang jika kamu membuatnya di pekarangan belakang rumahmu. Kamu dapat menggunakan dinding kaca atau pembatas lainnya antara kolam renang dengan rumput pekarangan. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me