Proyek MRT Dorong Geliat Gedung Perkantoran di Sudirman

Big Banner

Jakarta – Konsultan properti, Colliers International, menyatakan, pembangunan sarana transportasi mass rapid transit (MRT) khususnya di daerah sentra bisnis seperti di Jalan Sudirman, juga mendorong lebih banyak gedung pencakar langit.

“Ke depannya, kita akan lihat gedung-gedung di Sudirman akan lebih besar dan lebih tinggi,” kata Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, dalam acara paparan properti di Jakarta, Rabu (6/4).

Menurut Ferry, dengan adanya MRT ke depannya maka beban jalan raya bakal berkurang karena semakin banyak pengguna kendaraan pribadi yang menggunakan sarana angkutan umum seperti MRT.

Karena itu, ujar dia, meski pertumbuhan perekonomian global melambat yang juga berimbas kepada Indonesia, tetapi pembangunan gedung perkantoran berskala besar ke depannya di kawasan Sudirman masih akan terus berkembang.

“Koridor utama Sudirman masih menjadi magnet bagi pengembang dan pengelola untuk mengembangkan properti mereka,” katanya.

Faktor lainnya yang mendukung lebih banyak lagi gedung pencakar langit di masa depan adalah karena Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta juga telah meningkatkan rasio Koefisien Lantai Bangunan (KLB) untuk beberapa titik di dekat lokasi pembangunan stasiun MRT.

Berdasarkan data Colliers, Sudirman akan terus menjadi kontributor utama tambahan ruang kantor di daerah sentrabisnis (CBD), yaitu diperkirakan bakal terjadi penambahan 2,1 juta meter persegi ruang kantor di kawasan CBD Jakarta dan 42 persen jumlah itu ada di Sudirman.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me