Bisnis Properti PT Pegadaian Maksimalkan Income Non Core

Big Banner

Jakarta, mpi-update. PT Pegadaian adalah sebuah BUMN yang fokus pada penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai, salah perushaan yang juga mengandalkan bisnis properti sebagai sumber income yang diandalkan.

Pada 2014, saat memasuki usia yang ke 113 tahun, PT Pegadaian memutuskan melakukan inovasi dan diversifikasi usaha sebagai strategi untuk mengoptimalisasi aset yang dimilikinya dengan menggeluti bisnis properti, khususnya di sektor perhotelan dan ruko.

“Ekspansi ke bisnis hotel merupakan upaya Pegadaian untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki perseroan sekaligus sebagai salah satu sumber pendapatan di luar bisnis inti,” ujar Riswandi, Direktur utama Perum Pegadaian, saat itu. Keseriusan PT Pegadaian tersebut ditunjukkan dengan memperluas ekspansi pembangunan hotel di beberapa kota di Indonesia melalui anak usaha PT Pesona Property Pegadaian.

Selain di kota Surabaya, pembangunan hotel juga tersebar di Gresik, Makassar, Pekanbaru, Semarang, Jogjakarta dan Tegal. Setidaknya, sekitar Rp300 miliar dana telah digelontorkan perseroan untuk mendukung investasi di bisnis perhotelan yang mengusung brand Pesonna tersebut.

Pesonna sendiri merupakan kependekan dari Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-Nilai Aset. Direktur Bisnis I PT Pegadiaan Haryanto Widodo, menuturkan, hotel Pesonna pada umumnya dibangun di atas lahan seluas 2.000-4.000 meter persegi (m2) dengan jumlah kamar dan ketinggian bervarias mengikuti kebutuhan pasar. Di setiap hotel dalam satu kawasan nantinya juga akan ditempatkan kantor Pegadaian dan Gallery. Pihaknya menggunakan sistem pengelolaan bintang tiga syariah untuk semua hotel yang dikelola perusahaan. (Riz)

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me