Mengenal Jenis Kalsiboard untuk Plafon

Big Banner

Pernah dengar plafon berjenis kalsiboard? Nah, buat kamu yang belum pernah tahu ini, kalsiboard adalah material bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir silika, dan serat selulosa.

Khusus untuk penerapan kalsiboard sebagai plafon, material ini mempunyai kelebihan yang gak dimiliki oleh bahan-bahan pembuat plafon lainnya. Apa sajakah itu? Lets find out!

Baca juga: Digempur Asing, Arsitek Lokal Tetap Bernyali

Kelebihan pertama kalsiboard, material ini sangat aman bagi kesehatan. Kalsiboard mengandung nol persen asbes.

Perlu diketahui, asbes merupakan penyebab kanker paru-paru. Tanpa adanya kandungan asbes, membuat kalsiboard tidak gampang patah.

Berbicara kekuatan, kalsiboard mempunyai kekuatan dan elastisitas yang bagus. Tak hanya sebagai plafon yang datar, kalsiboard juga dapat dimanfaatkan untuk membuat plafon yang melengkung. Artinya, kalsiboard dapat digunakan untuk menciptakan plafon dengan berbagai bentuk tanpa mengurangi kekuatannya.

Baca juga: Hiii… Meja Kerja Jadi Sarang Bakteri

Kalsiboard juga merupakan bahan bangunan yang antirayap, antilapuk, dan antikarat. Kalaupun menimbulkan noda air di plafon kalsiboard, perbaikannya cukup dilakukan dengan mengampelas lalu mengecatnya kembali.

Yang paling penting yaitu plafon kalsiboard lebih tahan terhadap api sama seperti plafon gipsum.

Pada dasarnya, kalsiboard mempunyai tingkat keawetan yang tinggi, plafon ini mampu bertahan hingga puluhan tahun tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Maka, harganya yang agak mahal tertutup oleh usia pakainya yang lama. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me