Tips Sukses Punya Rumah Tanpa KPR

Big Banner

Manfaatkanlah waktu selagi muda untuk membeli rumah. Kenapa? Jenis properti yang satu ini harganya selalu naik 10-15 persen setiap tahunnya.

’’Tapi umur saya masih 20 tahun, terlalu muda untuk beli rumah.’’

Buang jauh-jauh pemikiran itu! Jika kamu berusia 20 tahun dan sudah bekerja, justru sekaranglah waktunya untuk berani beli rumah. Saat ini banyak skema pembayaran untuk bisa mendapatkan rumah yang layak.

Salah satunya yang paling banyak digunakan orang saat ini adalah mencicilnya melalui kredit pemilikan rumah (KPR) di bank. Padahal, tak semua orang menyukai sistem cicilan ke bank.

Baca juga: Yuk, Pilih KPR Syariah!

Lantas bagaimana caranya untuk dapat membeli rumah tanpa KPR sementara pendapatan yang diperoleh saat ini belum mampu membayar rumah secara tunai? Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan dengan sungguh-sungguh. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Sisihkan 20 persen gajiUsahakan selalu menyisihkan 20 persen dari nominal gaji bulanan. Pisahkan dana ini dari pengeluaran harian. Kamu bisa membuat rekening khusus untuk tabungan ini atau menyimpannya di tempat yang paling aman. Sisa dari gaji, bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari atau dana mendesak.

Investasi emas atau logam muliaSetelah tabungan terkumpul cukup banyak, segera konversikan uang yang kamu tabung untuk membeli emas dengan berat kira-kira 25 gram atau sesuai dengan keinginan. Harga emas cenderung lebih stabil dibanding nilai tukar mata uang.

Baca juga: Lima Hal Penting Sebelum Pilih KPR

Ketika perekonomian suatu negara sedang tidak stabil dan mata uangnya terpengaruhi, nilai emas tidak akan terpengaruh secara signifikan. Selain itu dengan asumsi pertumbuhan emas sebesar 15-20 persen, dan properti 10-15 persen, artinya emas yang kamu kumpulkan akan lebih cepat naik nilainya dibanding rumah yang diincar.

Kumpulkan emas secara disiplinJika investasi dalam bentuk emas sudah mencukupi nilainya, segeralah survei bursa properti untuk menemukan rumah yang sesuai dengan nilai emas atau logam mulia. Carilah lokasi rumah yang strategis, bila mungkin yang dekat dengan kampus atau pusat pertokoan agar harga tawarnya akan jauh lebih tinggi ketika ingin menjualnya kembali.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me