Perbaiki Kebocoran Toilet Untuk Menghemat Air

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Ada yang berpendapat jika toilet duduk lebih hemat air dibanding toilet jongkok, karena toilet duduk memiliki takaran air untuk menyiram. Tapi jika toilet duduk Anda bocor, air yang digunakan untuk menyiram tentu tetap saja boros. Sekali tekan katup penyiram, tiba-tiba saja air dalam tangki habis. Pasti ada masalah dengan sistem penyiramnya.

Untuk mulai memperbaiki toilet, terlebih dahulu Anda perlu tahu penyebab kebocorannya. Bisa jadi karena cincin pipa (karet yang menempelkan toilet pada lantai kamar mandi) di bagian dasar toilet telah aus. Atau, mungkin karena katup penyiramnya bocor. Ada beberapa alasan yang menyebabkan katup penyiram bocor, misalnya karena bola pada tangki penyiram telah aus atau habis terkikis air, karena katupnya berkarat, atau karena bola pada tangki penyiram telah rusak dan tidak bekerja.

Jika Anda melihat lantai bawah di sekitar samping toilet Anda sering lembab atau basah, maka kemungkinan besar pipa penyiramnya yang bocor. Untuk mengujinya, cobalah siram toilet Anda sambil amati lantai sekitar toilet. Perhatikan apakah bagian bawah tangki toiletnya memang bocor atau tidak. Perhatikan pula pipa penghubung saluran airnya. Jika Anda melihat ada air menetes atau bocor, maka Anda mungkin butuh bantuan tukang ledeng atau spesialis pemasangan toilet. Mintalah ia untuk mengecek semua bagian pipa. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me