5 Rancangan Kota Vertikal Di Dunia

Big Banner

JAKARTA – Keterbatasan lahan kerap kali menjadi kendala dalam membangun sebuah permukiman baru. Namun hal itu bisa diatasi dengan menciptakan ruang vertikal yang hampir tak terbatas dalam pusat-pusat perkotaan.

Berikut beberapa ruang vertikal yang berhasil dibuat di sejumlah negara, sebagaimana dikutip dari Weburbanist, Senin (11/4/2016).

1. High-Rise High-Density Tropical Living, Singapura

 

Bagaimana jadinya jika 100 ribu orang berkumpul dalam satu kilometer persegi ruang tanpa mengurangi kualitas hidup? rancangan kota vertikal di Singapura ini telah memenangkan kompetisi.

2. Stacked Modules, Vancouver

 

Desain oleh Ole Scheeren terdiri dari modul yang ditumpuk bujur sangkar yang ditancapkan dari menara utama di berbagai sudut. Tujuannya untuk menyambung kembali arsitektur dengan lingkungan alami dan sipil, mendorong interaksi sosial antara penduduk.

3. Vertical City in Jakarta

 

MVRDV telah merancang sebuah menara setinggi 400 meter di Jakarta, Indonesia, yang disebut 88 Peruri yang mengintegrasikan perumahan, kantor, ritel, hotel mewah, parkir, masjid, dan sebuah teater.

4. Endless City Has a Hollow Core

 

Setiap tingkat pencakar langit ini berbentuk seperti tabung rata, pembungkus menjadi semacam oval melihat ke langit. Endless City merupakan kota vertikal dengan komunitas vertikal, dengan taman yang luas, ruang komunal, dan ruang komersil.

5. Yongjia World Trade Center

 

Gedung Yongja World Trade Center baru oleh UNStudio di Wenzhou, China menciptakan komplek dengan 5 juta kaki persegi yang baru yang terdiri dari serangkaian menara yang berfungsi seperti lingkungan vertikal. Setiap ruangan memiliki kantor sendiri, ruang tamu, dan ruang pertemuan.

property.okezone.com