Menghadirkan Yin dan Yang di Taman

Big Banner

 

Mewujudkan bentuk taman asri dan cantik memang penting. Akan tetapi, jangan hanya mementingkan unsur estetika.

Pada penataan taman juga berlaku kesimbangan yin dan yang. Taman sebagai sarana yin, sedangkan aksesorinya sebagai yang sehingga keduanya harus berpadu dengan serasi.

Nah, berikut yang harus kamu perhatikan ketika menata taman menurut kaidah feng shui:

Baca juga: Jangan Sampai Salah Terapkan Prinsip Feng Shui

Taman berbunga dan berbuahDalam feng shui, tanaman berbunga dan berbuah bermanfaat untuk menepis energi negatif dalam bentuk pemandangan yang kurang enak. Taman pun tak harus selalu dihiasi dedaunan saja.

Kehadiran bunga aneka warna bisa memberi kesegaran dan memanjakan mata dengan penglihatan yang indah. Sementara itu, pohon berbuah dapat mengalirkan chi  (energi) positif ke dalam rumah.

PepohonanKamu perlu memerhatikan tempat terlebih dahulu sebelum menanamnya. Pilihlah lokasi yang berseberangan dengan area rumah sakit atau kuburan.

Pohon dapat menghambat datangnya energi buruk dari lingkaran luar rumah. Selain itu, hindari meletakkan pohon di depan di pintu masuk karena dapat menghalangi chi masuk.

Baca juga: Seperti Apa sih Sirkulasi Sesuai Feng Shui?

AirElemen air di taman dapat menyejukkan area sekitarnya. Mendengar gemericik air adalah chi suara. Keberadaan air dalam kolam sebaiknya selalu dijaga agar tetap mengalir guna meningkatkan terkumpulnya chi sebelum ’’diundang’’ masuk ke dalam rumah.

Pagar bambuBambu memiliki nilai filosofis yang menyeimbangkan tingginya tingkat fleksibilitas dan adaptasi terhadap naik turunnya grafik kehidupan. Penggunaannya di taman bisa berfungsi sebagai pagar. Selain tampilannya natural, pagar bambu dapat menyaring suara bising atau chi suara yang negatif dari luar rumah.

Baca juga: Bangkitkan Energi Positif pada Pintu Masuk Rumah

Lonceng atau genta anginDipercaya bunyi dari genta angin dapat menipis sha chi (energi negatif) yang berasal dari energi wu huang. Energi wu huang dipercaya dapat menstimulasi malapetaka dan penyakit berat.

Stepping stoneStepping stone merupakan elemen hardscape pada taman. Untuk mengimbanginya, sebaiknya batu pijakan ini dibuat tidak kaku. Buatlah bentuk atau alur melengkung sehingga keseimbangan pun tercipta. Penataan berliku dapat melembutkan aliran chi yang terlalu deras dari arah luar rumah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me