Bianto Surodjo, Bankir Ideal “Milik” PermataBank (1)

Big Banner
Bianto Surodjo, Retail Banking Director PermataBank. (Foto: rumah123.com)

Sangat profesional, namun rendah hati. Itulah kesan yang diperoleh rumah123.com saat pertama kali menyambangi Bianto Surodjo di kantornya.

Berbalut kemeja putih lengan panjang, berikut dasi dan kacamata, memperkuat kesan profesional itu. Menyandang gelar Sarjana Teknik Kimia, Bianto mengaku sejak awal lebih tertarik pada bidang keuangan.

Lantaran itu pula, Bianto lantas memutuskan beralih ke industri perbankan. Padahal, kala itu, ia telah bekerja selama lima tahun di perusahaan consumer goods, PT Procter & Gamble Indonesia.

Sebagai seorang bankir di era digital sekarang ini, Bianto dituntut selalu inovatif, kreatif, dan kompetitif. Sifat-sifat itu agaknya memang melekat dalam diri ayah dari Dante Alexander Surodjo dan Aristotle Alexander Surodjo ini.

Kompetisi bukan lagi hal aneh bagi pria yang memulai karier bankir-nya saat bergabung dengan Bank ABN AMRO Bank pada 2001 ini. Tengok saja hobinya, yakni menonton kompetisi-kompetisi olahraga.

“Saya suka menonton kompetisi sport macam sepak bola, Formula 1, atau tenis. Suka melihat mereka memberikan yang terbaik untuk memenangkan sebuah kompetisi,” kata penggemar Juventus dan Real Madrid ini.

“Kalau kompetisi tenis, saya suka menonton Rafael Nadal,” katanya menambahkan.

Bagi Bianto, melakoni sebuah kompetisi bisa jadi jauh lebih menarik ketimbang hanya menontonnya. Bukan sebagai pemain di lapangan sepak bola atau tenis tentunya, melainkan di dunia perbankan.

Setidaknya, Bianto sudah 15 tahun eksis dan diperhitungkan di dunia perbankan yang terbilang sangat kompetitif ini. Belum lagi perkembangan perbankan lima tahun belakangan ini begitu cepatnya.

Menurut Bianto, ada tiga hal perkembangan cepat yang harus direspons di dunia perbankan. Adalah lansekap ekonomi yang semakin menyesuaikan diri dengan trend global, perubahan perilaku nasabah, dan inovasi.

“Kami bersaing dengan perbankan dalam negeri maupun para bankers internasional. Bagaimana kami melihat permodalan, memimpin bank, dan mengelola risiko. Semuanya harus sesuai standar internasional,” katanya menjelaskan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me