Membersihkan Kandang Dan Ruangan Kucing

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Selain makanan kucing dan vitamin kucing yang baik, hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat kesehatan kucing adalah kebersihan ruangan atau kandang yang digunakan sehari-hari. Karena kandang ruangan kucing juga merupakan tempat bersarangnya virus, kuman, bakteri, jamur, larva cacing dan kutu. Untuk itu kandang dan ruangan kucing juga harus mendapatkan perlakuan khusus.

Berikut ini ada beberapa tips membersihkan kandang dan ruangan kucing:

1. Bersihkan kandang dan ruangan kucing minimal 2 kali dalam sehari.
2. Ruangan harus disapu atau disedot debu, kemudian dipel dengan disinfektan atau pemutih pakaian sampai benar-benar bersih, tunggu sampai kering, lalu bisa dipel lagi dengan pengharum lantai. Perhatikan pojokan-pojoan dan celah-celah kecil yang ada. Karena bisa jadi banyak kotoran di sana.
3. Kandang harus dicuci sampai bersih minimalnya 3 hari sekali. Jika kandang tersebut susah untuk dipindahkan, bisa dengan cara dilap dengan lap basah yang sudah diberi detergen, lalu dibilas denga lap basah yang bersih, terakhir disemprot dengan disinfektan atau pemutih pakaian.
4. Menggunakan produk disinfektan yang berbeda-beda adalah salah satu cara agar kuman dan bakteri tidak kebal dengan salah satu disinfektan saja. Caranya bisa dengan selang seling setiap harinya dengan disinfektan, pemutih pakaian, atau karbol lantai.
5. Pastikan lantai kandang dan ruangan sudah tidak lengket karena kencing kucing. Jika kucing kencing di sembarangan tempat, bisa di semprot dengan cairan cuka di tempat bekas kencingnya yang telah dibersihkan.
6. Buang pasir kucing yang sudah terkena air kencing atau kotorannya, dan sisanya dijemur di bawah matahari agar tetap kering.
7. Jangan membiarkan kotoran berada di kotak pasirnya lebih dari 24 jam atau terlalu lama, karena akan terinjak dan baunya menyebar kemana-mana. dan mengundang bakteri, kuman, virus.
8. Cuci dan ganti kotak pasirnya minimal 1 kali dalam sehari.
9. Bila ruangan tidak menggunakan AC, pastikan ada ventilasi udara yang baik agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan mengurangi bau pada ruangan.
10. Jika menggunakan AC, matikan AC terlebih dulu saat ruangan sedang dibersihkan. Lalu nyalakan exhaust atau buka jendela untuk mengeluarkan udara kotornya. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me