Batu Bata Dari CO2

Big Banner

SolusiProperti.com-Para peneliti di Australia kini telah membentuk “Mineral Carbonation”, sebuah startup yang berambisi memanfaatkan karbon terisolasi untuk material pembuatan bahan bangunan yang ramah lingkungan.

Proyek ini merupakan sebuah usaha patungan antara University of Newcastle, perusahaan produsen bahan kimia Orica dan GreenMag Group. Kelompok ini sudah menerima pendanaan sebesar 9 juta dollar Australia dari pemerintah Australia dan kini akan mulai mengembangkan proses karbonasi mineral skala kecil, yang menjebak gas di dalam unit-unit yang cukup kecil untuk digunakan dalam industri konstruksi.

Teknik ini meniru fenomena perendaman karbon alami di dalam bumi yang menciptakan karbonat-karbonat yang tersimpan dalam kerak bumi dari mineral-mineral seperti magnesium dan silikat kalsium.

Sebagaimana dijelaskan oleh Prof. Bodgan Dlugogorski dari kampus tersebut bahwa perbedaan utama antara geosekuestrasi dan penyimpanan lautan dan model karbonasi mineral ialah bahwa mereka secara permanen mengubah karbon dioksida menjadi produk yang bermanfaat, bukan hanya disimpan di bawah tanah.

Proyek Mineral Carbonation bergabung dengan Carbon Buster dari Lignacite yang juga membuat batubata bangunan dalam persaingan memngembangkan bahan bangunan yang bisa membentu mencegah kerusakan lingkungan yang lebih parah atau pemanasan global. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me