Mencegah Pencemaran Air Tanah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Sebagian besar rumah Anda menggunakan air tanah untuk menyuplai kebutuhan air untuk aktivitas rumah tangga mulai dari mencuci, menyiram tanaman, mandi, dan sebagainya. Masalahnya adalah air tanah tidak selamanya bersih dan layak digunakan untuk aktivitas rumah tangga. Air yang kotor, berwarna kekuningan dan berbau tak sedap merupakan tanda bahwa air tersebut sudah tercemar. Jangan menunggu terlalu lama karena air kotor dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas serta menimbulkan penyakit kulit dan pencernaan.

Untuk menyelamatkan air tanah Anda dari pencemaran, sebaiknya segera lakukan hal-hal berikut :
  • Buatlah lubang biopori dan sumur resapan di rumah sendiri. Dengan lubang biopori, air hujan dapat meresap ke dalam tanah lebih lancar.
  • Kurangi pemakaian deterjen saat Anda mencuci. Penggunaan deterjen yang berlebihan dapat membuat limbah cair yang terserap ke dalam tanah menjadi lebih berbahaya dan mempengaruhi kualitas air tanah.
  • Kurangi pemakaian insektisida di area halaman rumah. Zat kimia yang terkandung di dalam insektisida dapat menempel di tanah dan terserap ke dalamnya bersama dengan air hujan.
  • Pisahkan sampah yang dapat terurai dan tidak dapat terurai. Sampah-sampah yang tidak dapat terurai jika tidak dikelola dengan baik dan tersebar di tanah, bisa menimbulkan senyawa kimia yang tidak baik untuk kualitas air tanah.
  • Tanamlah pohon di halaman rumah Anda sehingga terciptalah ruang terbuka hijau yang dapat membantu proses penyerapan air kembali ke dalam tanah.
  • Periksalah sistem pemipaan saluran air di rumah Anda, khususnya saluran pembuangan septic tank karena pembuangan septic tank yang tercampur dengan saluran air tanah dapat   memperburuk kualitas air tanah.
  • Terakhir namun tidak kalah pentingnya, berhematlah dalam menggunakan air terutama pada musim kemarau. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me