Minat dan Inisiatif Smart City di Indonesia

Big Banner

JAKARTA – Minat dan inisiatif smart city di Indonesia semakin meningkat di tengah-tengah tantangan ekonomi sosial. Laporan terbaru International Data Corporation (IDC) Government Insights berjudul “Building Smart Cities in Indonesia” menunjukkan adanya peningkatan minat terhadap smart city initiative di Indonesia dalam meningkatkan produktivitas dalam negeri, kualitas hidup, dan mengatasi masalah ekonomi sosial negara yang mendesak.

IDC menyakini pemerintah kota berperan penting dalam mendorong pengembangan smart city roadmap 2025 di Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi digital serta jenis teknologi lainnya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pemerintah. (Baca juga: Bangka Aplikasikan Pelayanan Publik Berbasis Smart City)

Country Manager International Data Corporation, Sudev Bangah mengatakan sejumlah tantangan terhadap ketahanan kota perlu diperhatikan melihat urbanisasi dan transmigrasi di Indonesia terus meningkat. Untuk itu pemerintah Indonesia berencana untuk mengalokasikan dana sampai lebih dari USD420 miliar pada proyek-proyek infrastruktur seperti telekomunikasi sampai lima tahun ke depan.

Sebagaimana smart city initiatives berfokus pada kolaborasi, terdapat peluang besar untuk menjalin kerja sama bagi pemimpin pemerintah smart city untuk bekerja sama dengan penyedia solusi yang berpengalaman. (Baca juga: Bali Terapkan Pelayanan Berbasis Smart City)

Sudev Bangah menambahkan, saat ini proyek smart city Indonesia telah dimulai oleh otoritas pemerintah lokal maupun regional, di antaranya adalah Telkom, Departemen Transportasi, dan BPJS Kesehatan. Namun banyak dari proyek-proyek tersebut didanai silo, yang pada akhirnya sering menghadapi masalah ketahanan operasi jangka panjang, sehingga pemerintah perlu mengambil langkah dan melakukan investasi sehingga dapat mendorong transformasi kota berbasis digital serta mengontrol perkembangan smart city initiatives untuk jangka panjang.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me