Hati-Hati sebelum Pindahkan KPR ke Bank Lain!

Big Banner

Pemindahan KPR alias take over adalah hal yang lazim terjadi. Toh, pemindahan KPR merupakan sesuatu yang legal.

Banyak juga orang yang telah menerapkannya. Alasannya macam-macam, mulai dari tergiur tawaran bunga yang lebih rendah, hingga jangka waktu KPR yang fleksibel.

Meski begitu, tawaran take over bukan tanpa risiko. Apabila kamu juga berencana untuk memindahkan KPR ke bank lain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Siapa Bilang Gaji Kecil Tak Bisa Cicil Rumah?

Bunga BankKamu perlu menelaah lagi lebih mendalam soal tawaran bunga yang lebih rendah, apakah itu permanen atau bersifat sementara? Bisa saja bunga rendah bersifat sementara. Misalnya, bunga rendah satu atau dua tahun, selebihnya bunga ditinggikan (fixed or float).

Selain itu, perhatikan pula masa tenor (jangka waktu) dan cicilan yang harus dibayarkan per bulannya, apakah sesuai dengan yang kamu inginkan?

Biaya TambahanNamanya pindah, pasti ada biaya terkait proses pemindahan tersebut. Biasanya, akan ada biaya provisi yang dibebankan sekitar 0,5 – 1 persen dari total pinjaman. Ada pula biaya appraisal sekitar Rp450.000.

Selain itu, ada biaya asuransi jiwa dan kebakaran. Beberapa bank bisa memindahkan biaya asuransi sebelumnya ke bank yang baru, tapi sebagian lagi tidak. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan budget tambahan.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Cicilan Bertahap dari Pengembang!

Di luar itu, ada biaya pengikatan kredit yang biasanya dilakukan oleh Notaris/PPAT sekitar Rp500.000, atau 1 persen dari total pinjaman.

PenaltiUmumnya, bank pemberi KPR akan memberi sanksi jika kamu ingin memindahkan KPR ke bank lain, atau melunasinya dalam kurun waktu kurang dari setahun. Nah, kalau lebih dari setahun, biasanya kamu akan aman.

Sebagai tambahan, jika alasan kamu melakukan take over kredit adalah karena bunga KPR yang dirasa besar, cobalah untuk mendiskusikannya dengan pihak bank yang lama, mungkin saja mereka memiliki solusinya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me