China Bangun Gedung Tertinggi Ketiga yang Hemat Energi

Big Banner

WUHAN – China tidak lama lagi bakal memiliki gedung pencakar langit baru. Bangunan super tinggi atau megatall itu bernama Wuhan Greenland Center.

Seperti dilansir dari inhabitat, Selasa (12/4/2016), saat ini bangunan yang terletak di Wuhan, China dengan 120 lantai masih dalam proses konstruksi, dijadwalkan rampung pada 2017.

Bangunan tersebut memiliki ketinggian hingga 636 meter menjulang ke langit. Gedung pencakar ini pun digadang-gadang sebagai bangunan terjangkung ketiga di dunia, di bawah Burj Khalifa dan Shanghai Tower.

[Baca Juga: 11 Ide Bangunan Super Tinggi untuk Masa Depan]

Selain bangunan tertinggi ketiga, menara yang berbentuk meruncing dibagian atasnya ini juga merupakan salah satu menara paling hemat energi yang pernah dibangun di China.

 

Adalah Adrian Smith dan Gordon Gill Architecture yang merancang desain dari bangunan tersebut. Menara yang meliputi hotel, residensial, dan perkantoran ini memiliki fasad dengan struktur berlubang.

[Baca Juga: Gedung Pencakar Langit Lengkap dengan Parkir Mobil Otomatis]

Berbagai fitur yang sustainable digunakan pada bangunan ini. Sejumlah teknologi inovatif yang digunakan seperti greywater recovery system, sistem uap pendingin, dan lampu hemat energi. Bangunan ini mampu menghemat energi hingga 51 persen.

“Arsitektur ini merupakan kombinasi dari seni dan sains yang kita suka, terdapat semacam kubah di atas untuk mengurangi beban angin dan akibatnya memungkinkan struktur untuk menjadi lebih efisien,” kata Adrian Smith.

 

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me