Perizinan Pembangunan Rumah Dipangkas Jadi 21 Syarat

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah akan memangkas perizinan dan persyaratan membangun perumahan menjadi 21 izin dari yang sebelumnya sebanyak 33 izin atau syarat.

Menurut Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, banyaknya perizinan dan syarat menjadi salah satu kendala pembangunan program sejuta rumah. (Baca juga: Data Jumlah Perumahan, Fasilitator Segera Diterjunkan ke 34 Provinsi)

“Salah satunya soal peraturan sehingga kita perlu menyederhanakannya,” kata Darmin dalam rapat koordinasi penyederhanaan regulasi perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Selasa (13/4/2016).

Seperti diketahui, pertengahan 2015 lalu, pemerintah telah menetapkan pembangunan sejuta rumah untuk rakyat. Namun demikian, hingga saat ini pembangunan rumah tersebut masih terkendala banyak hal, salah satunya regulasi. (Baca juga: BI Rate Turun, Permintaan Rumah Tapak Menengah-Bawah Bakal Meningkat)

Tumpang tindih aturan inilah yang menyebabkan para pengembang sulit untuk mencapai target pembangunan, khusus rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selain itu, pengembang juga dihadapkan pada ketidakpastian harga pengurusan izin.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me