Tata Kawasan Kampung Beting, Kementerian PUPR Salurkan Rp16 M

Big Banner

PONTIANAK– Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membantu Pemerintah Kota Pontianak Rp16 miliar untuk melakukan penataan kawasan Kampung Beting, Kecamatan Pontianak Timur, agar tidak tampak kumuh dan menjadi obyek wisata baru.

“Untuk tahun ini Kementerian PUPR membantu Pemkot sebesar Rp16 miliar untuk penataan depan Masjid Jami Pontianak dan sekitarnya,” kata Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono seusai meluncurkan Program Kampung Keluarga Berencana di Pontianak, Rabu (13/4/2016).

Dia menjelaskan, anggaran sebesar itu, juga untuk penataan bagian dalam Masjid Jami Pontianak dan penataan gertak atau jembatan di kawasan tersebut. (Baca juga: Indahnya Konsep Kota Batu)

“Tahun ini, untuk penataan kawasan Kampung Beting tersebut sudah mulai dilakukan proses lelang,” ungkapnya.

Edi menjelaskan, penataan kawasan Kampung Beting akan dilakukan oleh Pemkot Pontianak dan pemerintah pusat secara berkelanjutan, termasuk penataan pasar tradisional yang letaknya tidak jauh dari Keraton Kadriah Pontianak itu.

“Untuk tahap pertama penataan kawasan Kampung Beting ini dilakukan mulai 2016 dan dilakukan secara berkelanjutan,” katanya.

Secara total dari Kemen PUPR menganggarkan bantuan untuk penataan Kampung Beting sebesar Rp34 miliar dan akan dilakukan secara bertahap, kata Edi. (Baca juga: Pemerintah Siap Kembangkan Kota Kreatif di Indonesia)

“Konsep penataannya, yakni tetap ‘waterfront city’ dengan kota air, yakni membangun jalan di sepanjang pinggir sungai, dengan konsep mengembalikan Sungai Kapuas sebagai bagian depan rumah, bukan belakang seperti sekarang,” kata Edi.

Dia menjelaskan, dengan dikembangkannya kawasan Kampung Beting tersebut, maka ke depannya kawasan ini akan menjadi obyek wisata baru, terutama untuk wisata budaya dan air, yakni keindahan Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me