Perkembangan Harga Tanah di Wilayah Bekasi

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Berdasarkan fitur Analisis Wilayah UrbanIndo, harga investasi properti di wilayah Bekasi sejak bulan Desember 2015 sampai dengan Februari 2016 mengalami sedikit penurunan sekitar 3%. Penurunanterutama pada  subsektor rumah di  sekitar 2%. Sementara, subsektor apartemen di Bekasi masih statis.

Seperti laporan yang dimuat dalam Laporan khusus majalah Properti Indononesia (MPI) edisi April 2016 menjunjukkan bahwa berbeda dengan produk properti, faktor lahan/tanah justru mengalami kenaikan hingga  20%. Data UrbanIndo, beberapa daerah yang paling banyak dicari di Bekasi di antaranya Medan Satria, Babelan, Bekasi Utara, Jatiasih, Bekasi Selatan, Tarumajaya, Jatisampurna, Bekasi Barat, dan beberapa daerah lainnya.

Sementara produk properti paling banyak dicari  dengan rentang harga antara Rp400 jutaan sampai dengan Rp700 jutaan. Harga permintaan memang tidak terlalu tinggi mengingat properti yang banyak dicari di wilayah Bekasi adalah subsektor rumah.

Pencarian properti di wilayah Bekasi ternyata didominasi oleh pencari properti yang berasal dari Jakarta. Selanjutnya, banyak juga pencari properti yang berasal dari wilayah lain yang ada di Indonesia, yaitu Medan, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bogor, Pekanbaru, dan beberapa wilayah lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa Bekasitergolong diminati oleh para pencari properti Indonesia. Walaupun harga rumah semakin naik, ternyata subsektor ini paling banyak dicari oleh masyarakat. Buktinya saja, sejak Desember 2015 sampai Februari 2016 permintaan pada subsektor rumah mencapai 89,93%.

Menyusul subsektor rumah, subsektor ruko berada di urutan kedua dalam hal permintaan tertinggi, yaitu sekitar4,65%. Selanjutnya disusul oleh permintaan tanah sekitar2,49%, apartemen sekitar 1,67%, komersial sekitar 0,9%, dan kost sekitar 0,36%. Mengingat wilayah Bekasi terus mengalami perkembangan, masing-masing sub-sektor ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan jumlah permintaan.

Para pencari properti selalu kata kunci pada mesin pencarian. Di wilayah Bekasi, terdapat tiga kata kunci yang paling sering digunakan, yaitu strategis, KPR, dan nyaman. Ada baiknya, ketiga kata kunci ini digunakan apabila akan memasarkan properti di wilayah Bekasi.

Data-data menunjukkan bahwa Bekasi merupakan salah satu wilayah yang dapat dijadikan pilihan untuk berinvestasi pro perti. Semakin berkembangnya wilayah Bekasi maka akan semakin banyak pula kebutuhan properti masyarakat di kota ini. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi siapa saja yang berinvestasi di wilayah Bekasi.

mpi-update.com