Trik Bersihkan Pintu Kaca Kamar Mandi

Big Banner

Kamar mandi dengan pintu kaca, memerlukan perawatan yang lebih intensif. Jika tidak, pintu kaca kamar mandi bakal menjadi tempat menumpuknya sisa sabun, embun, noda air, dan berbagai kotoran lainnya.

Meski begitu, membersihkan pintu kaca kamar mandi gak repot kok. Kamu dapat memilih dua cara; pakai produk pembersih di pasaran, atau menggunakan bahan-bahan alami, yakni cuka dan air.

Baca juga: Mereka-reka Kamar Mandi di Dalam Kamar

Jika kamu memilih menggunakan produk pembersih, kamu haruslah terlebih dahulu membaca instruksi dari produk tersebut tentang caranya.

Kamu dapat menggunakan produk semprot yang praktis. Kamu tinggal menyemprotkannya saja lalu mengelapnya. Hanya saja, biasanya produk ini masih mengharuskanmu untuk menggosok debu atau sisa buih sabun.

Kamu juga bisa menggunakan produk multifungsi. Produk ini terbukti bekerja baik pada pintu kaca kamar mandi dan baja anti-karat.

Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan produk pembersih kaca, lalu seka pintumu. Cara ini tidak menghilangkan debu tebal atau sisa buih sabun seacara maksimal, namun berguna untuk membuat pintu mengkilap setelah debu dan kotoran yang menempel bersih.

Baca juga: Kamar Mandi Serba-putih, Siapa Takut?

Pilihan lainnya, kamu bisa menggunakan sabun pencuci perkakas dapur dengan menyemportkan cairan tersebut pada spons dan menyekanya. Ada baiknya, saat membeli produk kamu mengonsultasikan bentuk pintumu pada penjualnya agar ia bisa menyarankanmu memilih produk dari berbagai alternatif di atas.

Namun, jika kamu memilih cara alami, yakni menggunakan cuka dan air, yang harus kamu siapkan adalah botol penyemprot. Pertama, isi botol penyemprot dengan cuka dan air yang telah diencerkan pada takaran perbandingan yang sama.

Semprotkan cairan tersebut pada pintu kamar mandi. Biarkan selama lima menit, atau 30 menit jika terdapat sisa buih dan kotoran yang banyak pada pintumu atau jika pintu telah lama tak dibersihkan.

Siapkan air bersih dalam ember. Rendam spons dalam air bersih. Gunakan spons yang telah direndam dalam air bersih tersebut untuk mengelap pintu kamar mandi dan membersihkan campuran cuka yang tadi disemprotkan pada pintu.

Baca juga: Agar Cat Dinding Kamar Mandi Tahan Lama

Perhatikan pula daerah yang turut menempel pada pintu, bersihkan pula daerah tersebut. Semprotkan pula campuran cuka tersebut pada jalur logam tempat pintu berada. Kamu dapat mengeluarkan kotoran pada logam dengan sikat gigi bekas yang telah tak terpakai.

Lap dengan spoons basah sebagai pembilas. Setelah itu, jangan lupa keringkan pintu dengan handuk atau lap bersih secara menyeluruh. Membiarkan pintu basah akan membuat kotoran menempel.

Jangan lupa, saat proses-proses di atas berlangsung gunakan sarung tangan karat untuk melindungi tanganmu. Setelah bersih, menyeka pintu dengan minyak bayi atau minyak lemon dapat mencegah buih menempel lagi dan pintu jadi bersih lebih lama. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me