The Dancing House

Big Banner

SolusiProperti.com-The Dancing House  adalah bangunan yang pada awalnya berasal dari hunian gaya Neo-renaissance di abad ke -19. Akan tetapi, rumah itu hancur berkeping- keping ketika adanya pemboman yang terjadi pada tahun 1945. Pada tahun 1960 sisa- sisa bangunan tersebut dibersihkan. Disebelah bangunan tersebut dahulu ditempati oleh mantan Presiden Ceko yaitu Vaclav Havel sampai tahun 1990-an.

Konstruksi bangunan ini dimulai pada tahun 1994 dan diakhiri tahun 1996, dimana pada awal pengerjaan-nya Dancing House adalah ide yang penuh dengan resiko karena hampir tidak memilki dana sama sekali. Frank Gehry selaku arsitek bangunan tersebut menyukseskan rencana Bank Belanda (ING) untuk menciptakan ikon di Praha sesuai dengan bujetnya.

Dengan menyasar tema dekonstruktif (sebuah metode pembacaan teks dan konsep dekonstruksi ditunjukkan bahwa dalam setiap teks selalu hadir anggapan-anggapan yang dianggap absolut) dengan bentuk tidak biasa. Frank Gehry merepresentasikan bahwa bangunan tersebut adalah wanita dan pria (Ginger Rogers and Fred Astair) yang sedang menari bersama. Dilengkapi dengan 99 beton berbeda dimensi dan puluhan kayu unik yang tertanam didalam bangunan tersebut.

Setelah 10 tahun menghadirkan perdebatan publik mengenai bentuk bangunan yang tidak lazim. Akhirnya Dancing House dijadikan salah satu icon dari koin yang dikeluarkan oleh the Czech National Bank pada tahun 2005. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me