Maja Akan Disulap Jadi Kota Baru

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Maja merupakan daerah pengembangan baru di Kabupaten Lebak, Banten. Saat orde baru dulu wilayah kecamatan ini akan dikembangkan menjadi kota baru melalui proyek Kota Kekerabatan Maja. Sejumlah pengembang termasuk Perum Perumnas terlibat dalam proyek ini dengan menguasai area pengembangan ratusan hingga ribuan hektar. Namun proyek ini tidak berlanjut karena masalah infrastruktur. Sekarang infrastrukturnya lebih baik dengan adanya kereta komuter Maja – Tanah Abang.

Stasiun Maja

Stasiun Maja

Seiring dengan itu pengembang besar seperti Ciputra Group masuk kawasan itu dengan mengembangkan Citra Maja Raya (2.000 ha). Proyek ini hasil kerjasama dengan pemilik tanah Hanson Group. Menurut Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Kuswardono, Maja akan dikembangkan menjadi Kota Baru Publik yang tertuang dalam RPJM 2015-2019 Kemenpupera. Maja menjadi salah satu dari 10 Kota Baru Publik yang hendak dikembangkan Kemenpupera. Pengembangan kawasan ini juga bagian dari program pemerintahan Jokowi-JK untuk membangunan satu juta rumah per tahun.

“Untuk tahap awal ini kami akan membuka dua trase jalan dari Pamulang-Setu-Parung Panjang-Maja. Saat ini pembahasan draft kesepakatannya sudah dilakukan bersama pihak-pihak terkait. Pengembangan kawasan ini juga untuk mendukung program pembangunan sejuta rumah, kebetulan beberapa pengembang sudah masuk kawasan ini,” ujar Kuswardono pada rapat koordinasi pemerintah daerah (pemda) dan pengembang di Jakarta, Rabu (13/4).

Untuk mendukung pengembangan kawasan Maja pemerintah akan membangun jalan nasional hingga kawasan itu. Selain itu pemerintah pusat, pemda, dan pengembang juga akan melakukan kesepakatan dan koordinasi lebih lanjut terkait pembangunan rumah sederhana. Keterlibatan Pemda penting karena pengembangan rumah murah atau rumah bersubsidi  kewenangannya di tangan mereka.

“Kita berharap perumusan kesepakatan ini tidak terlalu lama termasuk penentuan lokasi perumahannya. Kalau lokasinya sudah pasti di situlah bantuan dan kemudahan akan digelontorkan untuk semua pihak yang berkepentingan,” imbuhnya.

housing-estate.com