Ahok Ngotot Lanjutkan Reklamasi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ngotot meneruskan proyek reklamasi. Di tengah kontroversi proyek reklamasi Teluk Jakarta dan suap pembahasan Raperda Reklamasi, Ahok kembali menegaskan tidak akan menghentikan proyek tersebut. Ia beralasan aturan untuk proyek reklamasi ini sudah sangat lengkap seperti yang tertuang di dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 1995 tentang tata ruang kawasan strategis pantai utara Jakarta selain peraturan presiden, dan keputusan presiden.

Reklamasi pantai utara

“Kalau ini saya batalkan malah nanti pemprov di PTUN dan pasti kalah terus harus bayar pinalti. Ini akan tetap kita kerjakan dengan enam syarat yang harus dipenuhi dan semua syarat ini sudah tertuang di rancangan perda (raperda) zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil maupun revisi perda yang saat ini,” ujarnya di Balaikota Jakarta, Rabu (13/4).

Enam syarat tersebut adalah seluruh pulau yang terbangun sertipikatnya harus hak pengelolaan (HPL) sehingga lahannya tetap milik Pemprov DKI Jakarta. Kedua, seluruh fasilitas umum dan sosial diurus oleh pengembang; ketiga, lima persen dari luas gross pulau reklamasi milik pemprov. Berikutnya, kontribusi tambahan untuk pemprov 15 persen dari nilai jual obyek pajak (NJOP), dan kelima dibuat perusahaan join antar pengembang dengan pemprov.

Perusahaan join ini dimaksudkan untuk memelihara saluran dan mengelola sampah sehingga kondisinya harus zero waste. Ini semua diatur agar keberadaan pulau baru hasil reklamasi memiliki manfaat besar bagi pemprov yang pada gilirannya juga bermanfaat untuk seluruh warga Jakarta.

Ahok menyatakan kalau seluruh pihak bersepakat membatalkan reklamasi pihak pemprov akan melelang ulang proyek reklamasi dengan komposisi 70 persen lahan  untuk DKI dan 30 persen untuk pengembang. “Malah bagus juga kalau dibatalkan jadi bisa kita lelang ulang. Kalau sekarang kita hanya dapat 5 persen karena kompensasi yang 15 persen belum disetujui. Prinsipnya proyek ini akan jalan terus,” katanya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me