Mengapa Investasi Properti Lebih Menguntungkan?

Big Banner

Banyak pihak yang melirik sektor rumah tapak, hingga hunian jangkung. Namun, tidak sedikit pula yang mengalihkan pandangan pada sektor pergudangan

JAKARTA – Selain logam mulia, properti adalah bidang yang dilirik oleh berbagai pihak untuk melakukan investasi. Nilainya yang terus meningkat, menjadikan pendapatan para investor meningkat secara berlipat.

Berbicara mengenai properti, dewasa ini banyak pihak yang melirik sektor rumah tapak (landed house), hingga hunian jangkung. Namun, tidak sedikit pula yang mengalihkan pandangan pada sektor pergudangan. Alasannya hanya satu, return money yang sangat signifikan.

Disisi lain, kondisi finansial yang baik merupakan dambaan setiap individu, agar dapat menginvestasikan uangnya dalam berbagai instrumen khususnya properti.

Dirangkum dari laman beritasatu.com, Kamis (14/4/2016), berikut adalah beberapa alasan investasi di sektor properti dan real estate lebih menguntungkan ketimbang instrumen lainnya.

1. Investor dapat menunggu keuntungan capital gain dari penjualan properti di masa depan, tanpa harus memasukkan pengeluaran pajak dalam arus kas.

 2.Berdasarkan status pajak, properti sewaan tidak hanya akan memberikan arus kas bebas pajak, namun juga dapat digunakan sebagai pengurang pajak terhadap sumber pendapatan.

 3. Keuntungan lain dari berinvestasi dalam sektor properti dan real estate, adalah kesempatan untuk memperkecil risiko. Real estate memiliki korelasi yang rendah atau negatif terhadap aset besar lainnya. Ini berarti, memiliki properti dan real estate dapat memberikan pendapatan yang lebih tinggi.

 4. Banyak negara berkembang terus berusaha untuk mengendalikan inflasi yang terjadi. Harga konsumen di Indonesia meningkat sebesar 4,45 persen dari tahun ke tahun di bulan Maret 2016. Harga makanan dan pemukiman yang lebih tinggi terus mendorong terjadinya inflasi. Investasi real estate secara historis menunjukkan korelasi tertinggi terhadap inflasi dibandingkan dengan aset besar lain, seperti saham, obligasi pemerintah dan obligasi perusahaan.

 5. Karena pemerintah terus mencetak uang untuk menstimulasi pertumbuhan, memiliki aset properti dan real estate sebagai pelindung terhadap inflasi, merupakan langkah yang cerdas. Secara umum, ketika inflasi bertambah, harga real estate, terutama aset multi-tenant dengan rasio biaya tenaga kerja dan penggantian yang tinggi juga akan naik secara bersama-sama.

 

 

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me