Ini Proyek yang Digagas APL dengan Reklamasi Pantura

Big Banner

Jakarta, mpiupdate.  Nama proyeknya Pluit City. Sejumlah konsultan ternama dunia ikut merancang agar proyek ini menjadi kota mandiri bertaraf internasional di Jakarta Utara yang dikembangkan oleh pengembang papan atas, PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN),  melalui anak per usahaannya PT Muara Wisesa Samudera.

Unit bisnis APLN ini  telah mempersiapkan rencana pembangunan Pluit City, reklamasi kota mandiri bertaraf internasional. Menurut Matius Jusuf, Executive Marketing Director PT Muara Wisesa Samudra, mega proyek yang dikembangkan diatas seluas 160 hektar itu akan membentuk tiga pulau baru dan pengembangannya dibagi dalam lima tahap.

”Tahap pertama dilakukan reklamasi untuk satu pulau seluas 165 hektar. Lokasi reklamasi sekitar 250 meter dari Green Bay Pluit,” kata Matius. Pluit City akan dikembangkan menjadi sebuah kawasan residensial dan area komersial dengan porsi 60% dari luas area pengembangan. “Pada tahap awal kami akan mengembangkan lahan seluas 30 hektar. Properti yang akan kami bangun adalah ruko, villa, dan area terbuka seperti taman kota,” kata Matius.

Rencana pembangunan Pluit City terbagi atas 20 blok, dan masing-masing blok akan memilik luas antara 4-8 hektar. Setiap blok terdiri dari kawasan bisnis dan hunian lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung. Di dalam kawasan Pluit City nantinya mencakup ruko dan vila sebanyak 1.200 unit, 15.000 unit apartemen dalam 20 menara, perkantoran, hotel, perumahan, pusat belanja, taman (central park) seluas 8 hektar, outdoor dan indoor plaza seluas 6 hektar. Sementara ruang terbuka hijau seluas 8 hektar untuk reservoir agar sirkulasi air berjalan lancar.

Matius menambahkan, nantinya rumah yang dijual mulai Rp4 miliar untuk ukuran 6×18 m2. Sementara untuk ruko dijual mulai harga Rp6,4 miliar – Rp7,5 miliar. ”Sasaran kami menengah hingga menengah ke atas. Saat ini berkisar segitu, coba puluhan tahun lagi pasti akan berkali-kali lipatnya,” kata Matius. (YS).

Majalah Properti Indonesia versi digital juga dapat diakses melalui: http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

mpi-update.com