Tidur Sejenak di “Calmspace” Tingkatkan Produktivitas

Big Banner

STUTTGART, KOMPAS.com – Tidur identik dengan kegiatan yang kurang berguna dan dapat memicu kemalasan seseorang, terutama saat bekerja.

Kegiatan tidur di kantor sangat “diharamkan” karena dianggap dapat menurunkan produktivitas kerja karyawan.

Namun, lain halnya dengan Haworth yang membuat sebuah kapsul untuk digunakan tidur sejenak oleh para pekerja di kantor.

Kapsul dengan nama ‘Calmspace’ itu mendukung penelitian yang menyatakan bahwa tidur siang sejenak mampu meningkatkan produktivitas dan kekuatan otak pekerja. 

www.designboom.com Pekerja atau karyawan hanya tinggal masuk ke dalam kapsul Calmspace. Di dalamnya sudah dilengkapi satu matras guna membuat nyaman orang yang masuk ke dalam Calmspace.

Kapsul tidur Calmspace itu dibuat atas kerjasama antara Institut Fraunhofer di Stuttgart, Jerman dan The European Sleep Centre di Paris.

Haworth ingin menghilangkan persepsi negatif tentang tidur ketika bekerja, yaitu menggunakan temuan dan penelitian ilmiah yang mereka lakukan.

Cara kerjanya pun mudah, yakni pekerja atau karyawan hanya tinggal masuk ke dalam kapsul Calmspace.

Di dalamnya sudah dilengkapi satu matras guna membuat nyaman orang yang masuk ke dalam Calmspace.

www.designboom.com Selain itu, Calmspace juga dilengkapi sistem pencahayaan dan aluanan suara yang mampu mempercepat tidur orang di dalamnya.

Selain itu, Calmspace juga dilengkapi sistem pencahayaan dan alunan suara yang mampu mempercepat tidur orang di dalamnya. 

Lampu berwarna merah di dalam ruang tidur itu digunakan untuk membuat orang mengantuk kemudian tertidur.

Sementara itu, lampu berwarna biru berfungsi untuk membangunkan mereka. Calmspace juga dilengkapi dengan tiga waktu tidur yang berbeda-beda, yakni 10 menit, 15 menit, dan 20 menit.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me