Terkendala Lahan, Progres Tol Ngawi-Kertosono Baru 12 Persen

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain ruas Tol Solo-Ngawi, seksi berikutnya yang termasuk dalam Jalan Tol Solo-Kertosono, yakni ruas Ngawi-Kertosono juga mulai dikerjakan pembangunannya.

PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pembangunan ruas tol sepanjang 87,02 kilometer ini. Pelaksanaan pembangunan akan terdiri dari empat seksi dengan total biaya konstruksi Rp 2,36 triliun.

“Total pembangunan dibagi dua, kita 50 kilometer, pemerintah 37 kilometer. Progres yang kami kerjakan baru 12 persen dan pembebasan tanah sudah 90 persen,” jelas Direktur PT NKJ, Iwan Moedyarno, di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Iwan mengakui kendalanya saat ini adalah untuk membebaskan sisa lahan sebesar 10 persen. Menurutnya lahan itu masih dalam proses negosiasi dengan warga sekitar.

Status tanah belum jelas karena ada makam dan lain-lain. Untuk pembebasan lahannya, dibutuhkan dana hingga Rp 1,084 triliun. 

Ruas Tol Ngawi-Kertosono dengan nilai investasi sebesar Rp 3,83 triliun ini diperkirakan selesai pada pertengahan tahun 2017 dengan pengoperasian dijadwalkan pada akhir tahun 2017.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me