Inspirasi Rumah Minimalis ala Jepang

Big Banner

Kalau danamu minim untuk membangun rumah dan kamu penyuka suasana kalem, kenapa gak coba memilih gaya minimalis khas Jepang. Sebelum membangun hunian ala Negeri Sakura ini, kamu sebaiknya memperhatikan dasar-dasar desainnya.

Baca juga: Rumah Hadap Barat Bisa Adem Juga, Kok!

Pada dasarnya, rumah ala Jepang dibangun dengan sumber daya yang efisien. Setiap ruangan dibangun dengan tujuan tertentu yang terkadang juga bersifat multifungsi. Semisal, hanya dengan melipat dan menyimpan kasurnya, kamar tidur dapat dijadikan ruangan berkumpul keluarga.

Yang tak kalah penting adalah aspek privasi. Hal ini juga menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan.

Masyarakat Jepang dikenal sangat menjungjung tinggi aspek tersebut pada setiap ruangannya. Hal ini terlihat dari adanya partisi yang mengelilingi masing-masing ruangan, sehingga interiornya membentuk lorong di tengah, ruangan-ruangan di samping kanan-kirinya.

Baca juga: Harga Apartemen di Jakarta Hanya Naik 1,1%

Meskipun peradaban mereka sudah terbilang maju, masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi kebudayaan dan lingkungan alami. Kamu bisa lihat pada penggunaan bahan-bahan kertas, bambu, jerami, kayu, dan sutera untuk menghiasi interior rumah mereka.

Pengaturan pencahayaan juga sangat menentukan keberhasilanmu dalam menciptakan hunian khas Jepang. Gunakan saja  pencahayaan berjenis diffuse.

Permainan cahaya ini dilakukan dengan membungkus sumber cahaya menggunakan kertas shoji. Alhasil, sinar yang keluar pun tampak temaram dan lembut. (Wit)

Baca juga: Taman Lumut, untuk Dekor Hijau Alami

rumah123.com