Kawasan Industri Kuala Tanjung Segera “Ganti Muka”

Big Banner
Indahnya pemandangan alam Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: iStockphoto)

Kawasan industri Kuala Tanjung yang meliputi Kabupaten Batubara dan Simalungun, Sumatera Utara, segera menjadi kota baru. Berbagai program pengembangan kota industri pun disiapkan.

Mengutip Okezone, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Surya Wirawan, mengungkapkan bahwa di kawasan nantinya akan ada sejumlah perusahaan yang mengembangkan berbagai industri.

Baca juga: MMS Kembangkan Proyek Terpadu di Bekasi

PT Inalum adalah salah satu contohnya. Perusahaan tersebut akan mengembangkan industri hilir dari aluminium yang telah diproduksi selama ini. ”Pihaknya membutuhkan PTPN 3 karena memiliki Kawasan ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke yang akan mengelola berbagai industri turunan dari CPO,” katanya.

Begitu pula dengan PT Pelindo I yang akan mengelola pelabuhan di Kuala Tanjung. Saat ini masih dalam proses pembangunan.

”Berbagai jenis industri tersebut tentunya membutuhkan dukungan pelabuhan sebagai pintu untuk mendistribusikannya,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: 2016, Industri Konstruksi dan Infrastruktur Makin Menggeliat

Ia mengharapkan kawasan industri Kuala Tanjung nantinya  menjadi seperti koridor Jakarta-Cikampek.  Dalam hal ini, pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi harus siap membuat rencana tata kota.

Dengan perencanaan matang, lanjut Putu Wirawan, kendala di lapangan dalam upaya pembangunan dan pengembangan kawasan industri tersebut bisa diminimalisasi. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me