Ini Program Jokowi untuk Berantas Kemiskinan

Big Banner

Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan memperbaiki nasib para pelaku usaha di pedesaan dengan cara memberi kesempatan berusaha atau bekerja yang lebih layak bagi nelayan, peternak, dan petani.

Berbagai program akan disinergikan demi memberi kemudahan pada rakyat, seperti sinergi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan program inklusi atau pendalaman pasar keuangan yang merupakan sinergi antara OJK, BI, dan Kementerian Koperasi dan UKM, serta perbankan.

Program ini memberi kesempatan pada pelaku usaha yang ada di daerah karena bisa mencairkan dan melalui penyalur-penyalur yang ada di daerah yang disebut sebagai “agen laku pandai” sebagai perpanjangan tangan perbankan yang ada di daerah.

Ada juga program sertifikasi tanah untuk petani melalui Kementerian ATR/BPN, BUMN, dan Bank BUMN. Adapun sinergi daam bidang produksi meliputi sarana dan prasarana, bibit, pupuk, dan penyuluhan yang bakal melibatkan Kementerian Pertanian dan Kementerian PU-Pera.

BACA JUGA : 4 LOKASI BERBURU KERAMIK MURAH DI JAKARTA

Pemerintah menunjuk Brebes sebagai proyek percontohan pengentasan kemiskinan. Alasan lainnya penunjukan kota yang terkenal dengan daerah produsen telur asinnya ini adalah karena Brebes merupakan pusat produksi bawang di Indonesia, namun kesejahteraan petani bawang di daerah tersebut terbilang rendah.

Program ini dilaksanakan di bawah koordinasi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian bersama kementerian lain, yakni:

  • Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)
  • Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementeian Koperasi dan UKM)
  • Kementerian Pertanian (Kementan)
  • Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo)
  • Kementerian Perdagangan (Kemendag)
  • Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes)
  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

Keberhasilan Brebes sangatlah penting mengingat Brebes menjadi proyek percontohan.

“Jika Brebes berhasil, semua hasilnya kelihatan langsung. Semua kabupaten akan kita kerjakan dengan cara yang sama. Ini menjadi contoh untuk di kabupaten yang lain. Apa yang harus dikerjakan,” pungkas Presiden seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me