Rumah Tampil Beda Dengan Dinding Berlubang

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Material yang digunakan untuk fisik bangunan bisa diaplikasikan dengan banyak cara. Perkembangan desain, teknologi, serta kreativitas membuat tampilan, bentuk, atau penerapannya bisa sangat beragam. Salah satunya, pengaplikasian material untuk dinding. Dinding yang biasanya hanya tembok dengan bidang datar pun bisa dikreasikan.

Dengan begitu, setiap bagian rumah tidak harus selalu ditutupi oleh tembok. Bagian lain, seperti teras, pagar, atau pembatas ruangan bisa dihadirkan dengan cara lain. Dinding tersebut dapat diubah tempilannya dengan penempatan material yang secara berbeda, menggunakan roster, batu bata, beton motif, atau material lain. Dengan roster atau beton motif, dinding  tidak lagi memerlukan hiasan atau pola lagi karena roster atau beton motif bisanya telah memiliki bentuk sehingga dapat mempermanis tampilan keseluruhan. Di saat bersamaan, pola atau motif tersebut dapat memberi celah sehigga udara dapat masuk.

Namun, bisa juga material disusun hingga menciptakan sebuah bentuk tertentu. Batu bata, misalnya, dapat disusun dengan pola zig-zag atau berselang seling. Melalui penyusunan material itulah, nantinya tercipta celah untuk sirkulasi udara. Selain untuk dinding pagar dan pembatas ruang, material “berlubang” ini juga bisa diterapkan untuk secondary skin atau bagian atas dinding rumah. Untuk bagian atas dinding rumah, biasanya tidak banyak dan hanya untuk sirkulasi udara.

Celah yang ada pada bentuk material atau karena penempatan material, selain dapat memberi nilai estetis dan mengalirkan udara, juga dapat mereduksi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, celah tersebut memungkinkan seseorang tetap dapat melihat ke area luar tanpa mengurangi privasi. Jika digunakan untuk partisi, dinding dengan banyak celah ini juga dapat mengurangi kesan penuh dan sesak dalam ruang. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me