Tillandsia Penyerap Kelembapan Yang Tidak Merepotkan

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Tanaman ini tidak memerlukan perawatan berlebih, bahkan dapat tetap hidup meski dibiarkan. Bentuk daunnya seperti daun buah nanas, karena tillandsia memang masih termasuk famili Bromeliaceae sp. atau nanas-nanasan.

Tillandsia banyak ditemukan di wilayah Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Bentuknya dan warnanya bermacam-macam. Di Indonesia, Tillandsia mulai diminati sejak beberapa tahun silam. Bentuknya yang unik dan beragam membuat banyak pencinta tanaman jatuh hati.

Tillandsia mampu hidup di media tanam apa saja, bahkan tanpa media tanam sekalipun. Family Cactus yang berlokasi di Lembang, Bandung, merupakan salah satu pemasok yang menawarkan tanaman tillandsia.
“Tillandsia sudah banyak penggemarnya, karena perawatannya mudah,” ujar salah satu karyawan Family Cactus.
Tillandsia termasuk tanaman epifit, tanaman yang hidup dengan menempel pada tanaman lain. Berbeda dengan tanaman parasit yang hidupnya bergantung pada tanaman yang ditumpanginya. Tanaman epifit hanya membutuhkan tanaman lain sebagai tempat hidup, tanpa mengganggu tanaman tersebut.
Anda tak perlu repot menyiapkan tanah dan pupuk, karena tanaman yang termasuk air plant ini mendapat makanan dari udara. Daun tillandsia mampu menyerap kelembapan di udara. Tak heran mengapa julukan “tanaman udara” melekat pada tanaman ini.
Jutaan sel berbentuk rambut atau trikoma pada permukaan daun tillandsia berfungsi untuk menyerap uap air dan mineral
yang terkandung di udara. Saat menyerap air untuk mendapatkan sari makanan, Tillandsia sekaligus dapat mengurangi kadar debu yang ada di udara.
Oleh karena itu, tanaman yang tidak merepotkan ini, baik sekali bila ada di halaman rumah Anda sebagai penyerap kelembapan alami. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me