Makassar Terbitkan 2.759 Izin HO Sepanjang Kuartal I/2016

Big Banner

Bisnis.com, MAKASSAR – Geliat dunia usaha di Makassar mencatatkan grafik menggembirakan sepanjang kuartal pertama 2016 seiring dengan membaiknya perekonomian dan kemudahan birokrasi perizinan di kota tersebut.

Kondisi tersebut tercermin dari izin gangguan atau hinder ordonantie (HO) yang diterbitkan Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Makassar periode Januari-Maret 2016 yang mencapai 2.759 izin.

Kepala BPTPM Kota Makassar Taufiek Rachman mengatakan izin HO yang diterbitkan pada sepanjang kuartal I/2016 lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2.371 izin.

“Tiga bulan terakhir memang ada kenaikan sekitar 16%, ini sangat positif karena sebagian besar merupakan pengajuan baru. Banyak usaha baru yang berdiri tentunya,” katanya kepada Bisnis.com, Jumat (15/4/2016).

Adapun HO merupakan merupakan persyaratan mutlak yang mesti dikantongi orang pribadi atau badan dalam mendapatkan izin usaha maupun izin tempat usaha dan lainnya.

Menurut Taufiek, sebagian besar penerbitan HO itu sebagian besar digunakan pelaku usaha di sektor perdagangan, industri serta jasa konstruksi yang menjadi penopang struktur pertumbuhan ekonomi di Makassar.

Sejauh ini, BPTPM Makassar melayani penerbitan 18 izin utama, baik kategori perizinan maupun non perizinan yang menjadi acuan utama pembangunan maupun perekonomian di kota tersebut.

Sepanjang tahun lalu, lembaga yang dibentuk pada 2014 itu menerbitkan perizinan dan non perizinan sebanyak 26.336 izin.

Secara terperinci, izin HO terbanyak dengan penerbitan 8.536 izin, kemudian izin usaha perdagangan 5.916 izin, izin mendirikan bangunan (IMB) sebanyak 4.143 izin, sedangkan sisanya berasal dari segmen lainnya yang dikelola BPTPM Makassar.

“Selama ini, izin gangguan atau HO paling banyak kita proses dan terbitkan. Secara umum proses perizinan kita hanya satu hari, tetapi memang ada beberapa izin yang membutuhkan rekomendasi SKPD lain sehingga akan lebih lama,” katanya.

properti.bisnis.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me